Rabu, 23 Juli 2008

Pemanfaatan jaringan teknologi informasi untuk

Dewasa ini perkembangan dan kemajuan teknolgi informasi berjalan sangat cepat. Seiring dengan perkembangan teknologi informasi, penyimpanan dan

pengiriman data semakin murah dan semakin baik kualitasnya.Baik individu, institusi, maupun pemerintah ikut melakukan berbagai upaya untuk memanfaatkan perkembangan teknologi informasi ini.

Bahkan dalam dunia pendidikan di Lampung, sudah saatnya kita memanfaatkan teknologi informasi tersebut. Apalagi dengan adanya program school net, jardiknas dan sebagainya ., maka seluruh komponen lembaga pendidikan dituntut menyiapkan diri dengan menyiapkan sarana prasarana untuk memanfaatkan perkembangan teknologi informasi tersebut.

Teknologi informasi ini akan memberikan nilai tambah dalam proses pembelajaran.Hal ini berkaitan dengan semakin tingginya kebutuhan informasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang tidak semuanya diperoleh dalam lingkungan sekolah. Demikian pula pada saat melakukan pertukaran data dan informasi antar sekolah, sekolah dengan masyarakat, sekolah dengan pemerintah daerah dan pusat, dan lain-lain, semuanya akan lebih efektif dan efisien jika memanfaatkan teknologi informasi.

Pada bidang pendidikan, penggunaan teknologi ini sedang berkembang dengan pesat. Berbagai penelitian membuktikan bahwa sekolah yang menggunakan teknologi, misalnya, media komputer, akan lebih efisien dan efektif. Penggunaan teknologi ini tidak hanya bermanfaat bagi kelancaran sekolah, namun mempunyai efek ganda. Selain guru dapat memanfaatkan teknologi dalam mengelola proses belajar, evaluasi, dan penerapan pembelajaran melalui multi media, di sisi lain siswa juga akan lebih siap dan kreatif dalam menghadapi era yang penuh dengan persaingan.

Tuntutan masyarakat seperti digambarkan di atas mempersyaratkan bahwa peningkatan mutu pendidikan dan peningkatan mutu pembelajaran di berbagai bidang disiplin ilmu dan pada berbagai jenjang pendidikan memerlukan teknologi pendidikan. Penggunaan multi media seperti bahan ajar tertulis, media pembelajaran di kelas, komputer, jaringan internet, dan sebagainya, merupakan tuntutan yang tidak dapat diabaikan dalam upaya pemanfaatan berbagai sumber belajar maupun proses pembelajaran untuk meningkatkan mutu pembelajaran. Pada dasarnya pembelajaran ilmu teknik, ilmu eksakta, ilmu politik, ilmu ekonomi, ilmu pendidikan, dan lain sebagainya, memerlukan upaya untuk semua sumber belajar dalam proses pembelajarannya. Perangkat komputer beserta programnya misalnya, dapat meningkatkan pembelajaran ilmu teknologi informasi dalam pendidikan dan lain-lain. Bahan ajar tertulis, maupun model pendidikan alternatif lainnya yang didasarkan pada prinsip-prinsip teknologi pendidikan dapat dikembangkan untuk semua jenis bidang ilmu dan semua jenis bidang pendidikan, mulai dari pendidikan dasar hingga perguruan tinggi.

Disamping itu, melalui Undang-undang No. 22 tahun 1999 tentang Otonomi Daerah yang mengharuskan setiap daerah mampu untuk mensuplai tenaga-tenaga yang profesional baik di bidang kependidikan, penyuluhan atau pada pusat-pusat pelatihan dari berbagai departemen, maka dibukanya Program Studi Teknologi Pendidikan di FKIP UNILA sangatlah relevan dan menunjang pelaksanaan pembangunan daerah Lampung. Dengan demikian, berdasarkan hasil analisis kebutuhan yang telah dilakukan, maka pihak universitas dan daerah sangat mendukung terselenggaranya program studi teknologi pendidikan.

Tidak ada komentar: